There was an error in this gadget

Friday, July 8, 2011

DISINI SAYA SENARAIKAN RESEPI2 SUP ADIDAS (sup kaki ayam)YANG SAYA PILIH..


KAKI AYAM MASAK PINDANG


Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
    20 buah (400 gram) kaki ayam, dimemarkan 1.000 ml air 3/4 sendok teh garam 1 sendok teh gula merah 1/4 sendok teh merica bubuk 1 1/2 sendok teh kecap manis 5 buah belimbing wuluh, dibelah dua 3 buah tomat hijau, dipotong-potong Bumbu bakar: 5 butir bawang merah, dimemarkan 3 siung bawang putih, dimemarkan 3 buah cabai merah besar, dibelah dua 2 cm kunyit, diiris 1 cm jahe, diiris
Cara Pengolahan :
1. Rebus air dan kaki ayam sampai berkaldu. Masukkan bumbu bakar, garam, gula merah, merica bubuk, dan kecap manis. Masak sampai harum.
2. Tambahkan belimbing wuluh dan tomat hijau. Masak sampai matang.


Angsio Ceker Ayam


Ini makanan favorit kalo lagi jajan dimsum.
Sebenernya siihh... favoritnya ama si ceker... hihihiiii
Dapet resep yang okeh banget dari mbak Fatmah, daaann........ hasilnya emang uenaaakk banget, bikinnya juga gak susyah kok.
Kalo mau, bikin sekalian 2 kg, terus bagi-bagi ke dalam beberapa kantong plastik, simpen di frezeer.
Jadi sewaktu waktu pengen ngemil ceker bisa langsung manasin pake kukusan ajah, tapi jangan ampe gosyong yee.... hueheheheeeee
ANGSIOE KAKI AYAM
Bahan :
1 Kg kaki ayam, goreng hingga kering, panas-panas langsung rendam dalam air es yang duingiiin.

Bumbu A. :
5 btr bawang putih, memarkan
4 bh bunga pekak/bunga lawang
1 sdm saos tiram
2 sdm kecap asin
2 sdm kecap mushroom
2 sdm ang cioe (bisa diganti dengan cuka apel) (
aku gak make)
3 sdm gula pasir
1 sdm garam
½ sdt vetsin (
aku gak pernah make)
½ sdt lada
1,5 lt air
angkak merah secukupnya. (± 50gr)

Bumbu B.:
1 sdm bawang putih cincang
2 bh cabe merah besar, iris kasar
3 sdm tausi (salted black bean)
2 sdm minyak wijen
2 sdm tepung sagu, cairkan untuk pengental.

Cara membuat:
A

  • panaskan sedikit minyak, lalu tumis bawang putih sampai harum.
  • Tuang ang cioe, lalu beri air secukupnya dan masukkan semua sisa bumbu A, aduk rata dan biarkan mendidih.
  • Masukkan kaki ayam goreng dan masak hingga empuk dan airnya menyusut. (boleh menggunakan presto untuk menghemat waktu).
B
  • Tumis bawang putih cincang sampai harum, lalu masukkan tausi dan cabe merah, aduk rata.
  • Tuang kaki ayam yg sudah empuk tadi, lalu tuang air sagu, aduk rata.
  • Beri minyak wijen, aduk, angkat.

pssstt....

  • pas ngegoreng si ceker ati-ati ya, galak bener bow... jadi mendingan penggorengannya ditutup ajah.
  • direndem di air es duingiin tuh biar cekernya melepuh terus jadi gendut-gendut kayak di potoku, biasanya aku tuh ngegoreng ceker malem, terus aku rendem dalam air es, simpen di kulkas, besok paginya baru diterusin masaknya.
  • angkak fungsinya untuk memberikan warna merah, jadiii.... pemakaiannya bisa sesuai selera...







(no image)

Sorry lah tak perasan daun bawang 1 tu tak dipotong. Byk tangan waktu tu.
Yang masak lain yang tabur lain. Ini belum masuk bawang goreng ,
cili api dan sambal garam.
SUP KAKI AYAM/AYAM

Bahan-bahannya

Kaki ayam/ayam~dipotong kecil
Daun Bawang -dipotong kecil
Daun saderi-dipotong kecil
Sejemput Bawang Merah goreng
Sejemput Bawang putih goreng
Sejemput Bawang Besar goreng
1 batang kulit kayu manis
4 biji bunga cengkih
3 biji pelaga hindi
1 kuntum bunga lawang
1 kiub perencah ikan bilis
1 ikat sup bunjut
2 inci halia-dihiris
1 1/2 inci lengkuas-dihiris
3 ulas Bawang merah-dihiris
6 ulas bawang putih-dihiris

Cara Membuatnya DCJ

1. Tumis kulit kayu manis, bunga lawang, bunga cengkih, pelaga hindi hingga berbau.
2. Masukkan hirisan bawang merah, bawang putih, halia, lengkuas. Tumis sehingga naik bau.
Masukkan bahan gorengan: Bawang merah, bawang putih dan bawang besar. Kacau.
3. Masukkan air secukupnya. Setelah mendidih, masukkan kaki ayam/ayam. Kacau2 sebentar.
4. Masukkan kiub ikan bilis dan sup bunjut. Kacau sebentar dan biarkan mendidih.
Bila kaki ayam/ayam dah empuk dan masak, masukkan garam secukup rasa. Angkat.
5. Untuk hidangan taburkan hirisan daun bawang, daun saderi dan bawang goreng
ke dalam sup. Siap untuk dihiruppppp dan dimakan bersama nasi panas2, ikan kering,
sambal belacan/sambal garam. 




Resep Ceker Ayam Asam Manis


  • 20 kaki ayam, bersihkan kulit dan kuku
  • 7 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam (secukupnya)
  • 200 ml minyak goreng
  • 1 liter air es/es batu
  • 2 sdm air jeruk nipis/cuka
  • 2 sdt minyak wijen
Bumbu Halus:
  • 1 sdt garam (secukupnya)
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 ruas jari jahe, haluskan
  • 7 siung bawang putih (haluskan)
  • 5 sdm saos tomat (secukupnya)
Cara Membuat:
  1. Lumuri kaki ayam dengan garam dan bawang putih yang telah dihaluskan, diamkan dalam lemari es selama 30 menit.
  2. Goreng kaki ayam hingga matang. Angkat dan masukkan ke dalam air es dalam keadaan panas-panas hingga mekar.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan bumbu lain dan kaki ayam, aduk sebentar. Masukkan air, air jeruk atau cuka dan minyak wijen. Masak sejenak dan angkat.
  4. Sajikan selagi panas.

 



(no image)


Kaki Ayam Masak Tausi 


BAHAN:
500 gram kaki ayam
garam secukupnya
minyak untuk menggoreng
2 sendok makan kecap asin gelap
750 cc air
6 iris jahe
3 tangkai daun bawang kecil, dirajang halus
4 butir pekak
3 siung bawang putih, dihaluskan
2 sendok makan tausi (dikukus bersama 2 siung bawang putih lalu diulek)
3 cabai merah, dihaluskan
5 butir bawang merah, dihaluskan
garam dan merica secukupnya
2 sendok teh gula pasir
3 sendok makan kecap asin gelap
1 sendok teh minyak wijen
1 sendok teh maizena
CARA MEMBUAT:
1. Lumuri kaki ayam dengan garam. Biarkan sebentar lalu rebus dalam air terendam selama 5 menit. Angkat. masing-masing dibagi dua. Rebus kembali. Tiriskan.
2. Lumuri kaki ayam dengan kecap asin gelap. Biarkan sebentar.
3. Goreng dalam minyak panas. Cuci untuk menghilangkan minyak.
4. Rebus kaki ayam bersama jahe, daun bawang, pekak selama 15 menit dalam presto atau 1 jam dalam panci biasa.
5. Tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah hingga harum. Masukkan tausi. Aduk-aduk. Tambahkan kaki ayam. Aduk sebentar. Tuangkan 100 cc air, garam, gula, kecap asin gelap, merica. Masak sampai mendidih. Kentalkan dengan maizena dan tambahkan minyak wijen. Angkat.
untuk 6 orang

0 comments:

Post a Comment


Terima Kasih Sudi Baca, Terima Kasih Sudi Komen :)

Share